lizarduz

just another blog

Emulator ConsoleGame PlayStation For PersonalComputer

Posted by lizarduz on March 18, 2009

Emulator PS | Emulator PS2 | XBOX

Mungkin bagi kamu yang pas mo main game console playstation tapi g punya console-nya, ato lagi rusak ato sekedar nostalgia. Bisa pake software emulator PS for PC ini.
– ePSXe http://www.epsxe.com buat console PS1
– PCSX2 http://www.pcsx.net buat console PS2

Sebenarnya ada beberapa lagi di internet, dan ada juga emu buat XBOX, dll.
lisensiny freeware alias gratisssssss…. tp kompi ane g hebathebat amat, so cukuplah untuk mencoba selevel PS1.

Berikut cara konfigurasi ePSXe (Windows OS)
Emulator ps 1

Pastikan spesifikasi kompi kamu sesuai.

System Requirements:
• Pentium II 500 Mhz or faster
• 256 MB of RAM
• DirectX or Opengl compatible graphic card, TNT2
• Fast CD-ROM with good access times
• Windows 2000, XP or Vista.
• DirectX 8

Untuk ePSXe berjalan mulus di kompi saya dg spek:
-pentium 4 2,26 GHz
-512 RAM {share withVGA }
-ATI RADEON 9100 IGP

O iya, software cd/dvd dumping akan sangat membantu. Seperti ultraiso, Alcohol 120, ato yg laen –Untuk bikin file iso dari game-CD–

File-file yang diperlukan:
• ePSXe package, kamu bisa download http://www.epsxe.com
zlib1.dll diletakkan pada folder ePSXe.
(Download di http://www.dll-files.com/dllindex/dll-files.shtml?zlib1)
• PSEmuPro compatible plugins:

• PlayStation BIOS.

Atau klo g mau repot download disini. Sudah saya bundel jadi satu lengkap dengan plugin-ny.😀

Selesai kamu download, selanjutnya extract (ga pake instalasi).

1. Jalankan file ePSXe.exe, lakukan konfigurasi dengan wizard ato secara manual.

Untuk Seting manual lakukan dari menu Config.

Konfigurasi Plugin:
Video plugin – Go to Config -> Video, pilih plugin yang (sesuai) akan digunakan
kemudian tekan configure (untuk konfigurasi plugin yang sudah dipilih, seperti fullscreen/windowed, dan seting lainnya).

3dfx Voodoo 2……………Lewpy’s Glide plugin (could crash with certain drivers)
3dfx Voodoo 3……………Pete’s D3D (DirectX 7) or Lewpy’s Glide plugin
3dfx Voodoo 4/5…………Pete’s D3D (DirectX 7) or Lewpy’s Glide plugin
ATI Radeon……………….Pete’s OpenGL plugin
ATI Rage 128/Expert……Pete’s D3D (DirectX 7) plugin
nVidia GeForce 1/2……..Pete’s OpenGL plugin
nVidia TNT/TNT2…………Pete’s OpenGL plugin
Matrox G200/G400………Pete’s D3D (DirectX 6) plugin
the rest……………………. Pete’s D3D (DirectX 7) plugin

Sound plugin – Go to Config -> Sound.
Cdrom plugin – Go to Config -> Cdrom. Configure plugin trus pilih driver Cdrom.
Netplay plugin – Go to Config -> Netplay.

Pilih BIOS:
Go to Config -> Bios

memorycard:
Go to Config -> Memory Cards.
disediakan 2 file untuk 2 slot memoycard. Bisa kamu perbanyak sendiri alias copy-paste.

Gamepads:
Go to Config -> Game Pad kemudian pilih port -> pilih pad
Tinggal seting sesuai kenyamanan. Jika kamu pakai joystik namun bermasalah / tombol g berfungsi. Solusinya ganti tipe ke digital. Biasanya begitu membantu….

2. Konfigurasi sudah. Sekarang siap tuk running the game
Lebih baik memakai file iso dari game-Cd yang telah didumping sebelumnya, karena main dari cdrom
So pasti lebih lambat.
File – Run ISO -> pilih iso game.

3. Enjoy..

Haa…… lumayan lah buat refresing! Nice……….

More:

Error loading WNASPI32.DLL:
jika pesan tsb tampil coba kamu ganti cd plugin ke “ePSXe CDR WNT/W2K core 1.7.0.”
Ato jika di kompi kamu ada nero bisa kamu copy file wnaspi32.dll dari folder instalan nero ke WINDOWS/System32
Ato download disini wnaspi32.dll

Ada juga game yang perlu patch, plugin, ato command line tambahan. Bisa dilihat pada manual page. Contohnya Dino Crisis.. btw gue blom bisa download patchnya, klo ada yang punya bagi2 ya! Referensi lebih lanjut, go to ngemu.com.

Mungkin ada release terbaru. Sering2 aj tuk cek di www.epsxe.com

Sekian review-nya. [klik versi pdf nya]

One Response to “Emulator ConsoleGame PlayStation For PersonalComputer”

  1. razi said

    thank you ilmu nya…

    ijin copas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: